ASRI TALK

Njajah Deso Milangkori

SELAMAT JALAN KAWAN..

kematian selalu meninggalkan kesan sedih dan merasa kehilangan. seperti hari ini, aku mendapat kabar seorang teman telah meninggal. umurnya masih muda dan baru punya anak satu. meski jarang ketemu dan hanya sekali-kali komunikasi lewat sms atau chatting, namun rasa kehilangan dan sedih sempat menggurat di pikiranku.

aku kenal dengan temanku ini saat kami menghadiri suatu acara di manila, philipina. latar belakangnya sebagai aktifis di organisasi sosial membuatnya cepat akrab dengan orang yg baru dikenalnya. saat itu, menjelang magrib pesawat yg aku tumpangi mendarat di bandara aquino, manila setelah menempuh perjalanan selama 3 jam dari Singapore. dengan berbekal alamat hotel, kemudian aku panggil taxi untuk mengantarku ke hotel. melalui email, penyelenggara kegiatan memberitahuku bahwa akan ada 4 orang peserta meeting dari Indonesia termasuk diriku. aku sama sekali belum pernah mengenal satupun di antara mereka.

setelah menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit dari bandara, sampailah aku di hotel. argo taxi menunjukkan angka 600 peso kurang lebih kalau di rupiahkan 120 ribu. ternyata seorang panitya kegiatan telah menungguku dan menyampaikan bahwa sudah ada 2 orang peserta dari Indonesia yg sudah datang sejak siang tadi. akhirnya kami bertiga tinggal sekamar. lumayan penuh juga kamarnya.

dua teman baruku ini mempunyai perawakan yang sangat berbeda, yg satu kurus tinggi dan satunya lagi berperawakan agak gemuk, tinggi sedang dan berkumis. meskipun baru kenal, obrolan kami mengalir deras dan sesekali di selingi guyonan sehingga membuat kami tertawa terbahak-bahak. seperti saat dia cerita betapa mereka harus nunggu sampai waktu check in ke hotel tiba karena sampai ke manila terlalu cepat, padahal panitya baru menyediakan penginapan setelah jam 13 waktu setempat. terpaksa sambil menunggu check in tiba, mereka jalan-jalan di sekitar hotel dan melihat-lihat situasi kota.

View dari meeting room, nampak laut diseberang sana

sambil menunggu acara esok hari dimulai, malam itu kami bertiga jalan-jalan di sekitar hotel. dari peta yg tersedia di hotel diketahui bahwa disebelah timur dari tempat kami menginap merupakan pantai. saking dekatnya pantai tersebut dapat ditempuh berjalan kaki hanya dalam waktu 15 menit. akhirnya kami bertiga berjalan menyusuri jalan-jalan di makate.lalu lintas malam itu lumayan padat, disamping jalannya yg memang sempit ditambah dengan banyaknya gadis-gadis philipina yg menawarkan kepada para pejalan kaki untuk mampir ke cafe-nya.

suasana malam di sebuah pantai Makate

tak berapa lama, sampailah kami ke pantai tsb. di sisi pantai dibangun trotoar yg berbatasan langsung dengan laut. sehingga jika kita duduk dan jatuh langsung kecebur ke laut. malam itu suasana cerah dan angin laut berhembus kencang menerpa wajah kami. disepanjang trotoar terdapat warna-warni lampu hias yg dipasang vertikal. seperti layaknya di Indonesia, penjaja makanan juga ditemui di sini. sambil ngobrol santai kami membeli kacang rebus. sahabat baruku tersebut lalu bercerita bahwa beberapa tahun yg lalu dia juga pernah berkunjung ke tempat yg sekarang kami kunjungi ini. rupanya kawan ini sering melakukan kunjungan keluar negri.

Aku dan almarhum sobatku

di tengah obrolan kami yg sedang berlangsung pada suatu ketika dia mengeluarkan alat dari kantung bajunya. berupa spray yg disemprotkan ke bagian mulut. saat ku tanya kenapa pakai alat itu. dia menjawab bahwa sejak terjadi kecelakaan kerja di tempat kerjanya yg dulu dia mengalami gangguan pernafasan. dan mulai saat itu kemana-mana dia harus kantungi obat tersebut.

setelah mengikuti kegiatan selama 3 hari di kota tersebut akhirnya kami harus berpisah dan balik ke kotanya masing. saat itu hari terakhir bulan ramadhan tahun 2008. aku sengaja ambil penerbangan pagi jam 7.15 agar sampai di rumah siang atau sore hari sehigga masih kebagian malam takbiran. sehingga subuh-subuh harus sudah check out dari hotel karena dapat informasi clearence di imigrasi bandara sangat ketat. ketika berangkat dari hotel terpaksa bangunkan kawan2ku untuk pamitan. sementara itu kawan-ku tersebut ambil penerbangan jam 7 malam, sehingga sampai di Indonesia mungkin tengah malam. benar juga, imigrasi di philipina terkenal sangat ketat. semua tas diperiksa, ikat pinggang bahkan hingga sepatu pun harus di lepas dimasukkan ke dalam keranjang untuk dilewatkan x-ray.

tepat jam 7.15 pesawatku mulai meninggalkan landasan bandara manila menuju Singapura. seperti saat berangkat, pulangnya pun penerbangan berlangsung sangat nyaman. berita yg menyebutkan bahwa Singapore Airlines merupakan perusahaan kelas dunia bukan hanya isapan jempol. menjelang siang akhirnya [esawat mendarat di bandara Changi.

beberapa hari kemudian, kawanku kirim sms memberikan ucapan hari raya lebaran dan mulai saat itu kami saling berkomunikasi. Minggu yg lalu, ku lihat status teman di situs jejaring sosial yg mengabarkan sobatku tersebut dirawat di sebuah rumah sakit di Bogor. di dalam foto tersebut kulihat dia berbaring di tempat tidur pakai kaos putih, tangan kananya di infus dan tangan kirinya diangkat diatas kepala. aku sungguh prihatin melihat kondisinya dan berharap agar Tuhan segera memberikan kesembuhan kepadanya. Namun, rupanya Tuhan berkehendak lain. selang beberapa hari mendapat khabar sobatku tersebut meninggal dunia. kaget dan sedih mendengar kabar tersebut. masih terngiang gelak dan tawanya, intonasi dan gaya bicaranya. Inna lillahi wa inailaihi rojiā€™un, Selamat jalan sobat. semoga Allah memberikan tempat terbaik untukmu.