ASRI TALK

Njajah Deso Milangkori

GUYON ASU


guyon asu

guyon asu, demikian istilah kawan-kawan saya dulu untuk menyebut humor atau tingkah laku orang-orang yg bermaksud melucu tapi dapat menyakiti atau menyinggung perasaan orang lain.

Saat ini guyon asu banyak kita jumpai dikehidupan nyata atau acara-acara tv. sesuatu yg jarang dijumpai dan disampaikan secara terbuka ke khalayak umum pada jaman orde baru dulu.

coba perhatikan bagaimana seorang monolog terkenal melakukan guyon asu di depan para capres di gedung kpu beberapa bulan lalu. tingkah polahnya yg segar dan kalimat-kalimat monolognya meluncur deras dari mulutnya menghasilkan efek kejut luar biasa pada saraf-saraf humorik kita sehingga menimbulkan tawa bagi yg melihat dan mendengarnya. namun bagi sebagian orang, aksinya tersebut membuatnya tersenyum kecut karena berisi kritik pedas yg dilakukan secara guyonan.

lain lagi dengan guyon asu seorang komedian di salah satu acara tv swasta yg tayang secara marathon tiap malam. meski awalnya terlihat lucu namun lama-kelamaan guyonannya jadi garing. bahkan acara tersebut pernah di hentikan oleh KPI karena guyonannya terlalu asu sehingga tak layak tonton. namun dasar orang guyon nama acara tersebut langsung diganti dengan nama yg lebih guyon lagi dan masih laku sampai sekarang.

namun hati-hati, jika tak ahli guyon asu bisa-bisa dilaporkan ke kepolisian bahkan terancam dikeluarkan dari sekolahan. seperti yg dialami oleh Edison ini . Bahkan seorang gurupun harus lebih hati-hati jika ingin melakukan guyon asu, salah-salah dapat dikenai pasal pencabulan seperti si Sodron ini.  

rupanya guyon asu bukan hanya terjadi di Indonesia. Di Inggris penyiar tv terkenal Jeremy Clarckson sampai perlu minta ma’af kepada PM-nya Gordon Brown karena telah menyebutnya idiot. biar tak jadi bumerang, maka berhati-hatilah jika lakukan guyon apalagi guyon asu. salah-salah bukan tawa yg didapat  tapi gugatan dan celaan…

29 Juli 2009 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: